Senin, 14 November 2016

Menyulam



Alat Alat Menyulam Kain Strimin
.........................االسّلام عليكم

Selamat Datang di Diyah’s_Handmade


Di Indonesia kristik sendiri sudah ada sejak lama. Biasanya dijual dalam satu paket memakai strimin dan benang wol. Merek kristik yang terkenal di Indonesia yang beredar di toko-toko adalah Orchid.
Saat orang lain dengar tentang kristik, biasanya menjawab 'ibu-ku suka bikin itu' dan beranggapan bahwa kristik itu hobi nya ibu-ibu :p Ternyata saat menggali lebih tentang kristik, banyak hal yang bisa dibuat dengan kristik.

Pertama, 'apa itu kristik?'
Kristik dalam bahasa Inggris disebut cross stitch atau X stitch, artinya jahitan berbentuk silang (x).
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgn3X3eiihREGuxoNdy8TB1A9HrVkXkUOOaYtSPe4Q_zcJVw7VjaXlsTLvsUzfwCLsV-hSrqRdARBc8Y-AFprRxm8VVwbyAl2exyYCGOWjNaHydUB4zkdsdALuPS6hMAN3ImPzMgTWpV2R8/s1600/Alat+alat+kristik+1.jpg

Kristik sendiri terbuat dari jahitan atau sulaman berbentuk silang (x) dengan mengikuti pola tertentu. Hasilnya seperti lukisan, tetapi hasil sulaman tangan. Itu spesialnya. Di Indonesia sejak dulu sudah ada kristik, banyak rumah-rumah di Indonesia yang dihiasi kristik. Kristik bukan kerajinan yang bisa dibuat dalam satu hari, bisa sampai berminggu-minggu atau berbulan-bulan, tergantung orang yang buat juga sih :)

Sulam strimin hampir sama langkah-langkahnya dalam membuat sulam kristik.

Nah, apa saja yang dibutuhkan?

1. Pola
Kristik dibuat berdasarkan pola. Pola dapat berupa apa saja, bunga, pemandangan, kaligrafi ataupun hewan. Pola bisa didapatkan dengan membeli, men-download secara gratis, atau membuat sendiri. Pola biasanya dibeli lengkap dengan peralatan kristik lain, seperti benang yang dibutuhkan, jarum dan kain, atau bisa hanya membeli polanya saja. Banyak website berbahasa Indonesia maupun asing yang menyediakan pola-pola kristik gratis. Untuk pola yang dibuat sendiri bisa dilakukan melalui software pembuat pola, tinggal memasukkan gambar/foto yang diinginkan dan diubah jadi pola.
Ini adalah contoh pola/contoh gambar  yang di download gratis dari website idea_kristik.blogspot.com
Description: Hasil gambar untuk kristik wisuda



2. Kain
Kain yang digunakan dalam penyulaman:
Description: Hasil gambar untuk kain strimin                    Description: Hasil gambar untuk kain strimin
(a)    Kain Strimin                                                          (b) Kain Kristik


3. Benang
Benang yang digunakan memiliki jangkauan warna yang luas. Merek-merek benang yang sering digunakan antara lain DMC, Anchor, Crescent Colour, J&P, Mill Hill. Ada juga benang-benang lain yang digunakan untuk menambah keindahan seperti benang emas. Di Indonesia banyak dijual kristik di toko-toko menggunakan benang wool.
Description: Hasil gambar untuk benang wol         Description: Hasil gambar untuk benang sulam

(a)    Benang Wol/untuk kristik                         (b) Benang Sulam strimin


4. Jarum
Jarum yang digunakan untuk kristik biasanya tidak tajam karena kain-kain yang digunakan dalam kristik sudah memiliki lubang. Lubang benang yang ada juga lebar, karena jumlah helai benang yang digunakan bisa bermacam-macam.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjX_3ZNN7_d1Q9Sxn2O-Xho6mUaXYZf6OA8XX99PkJ6Qmrka90cHdJ-vdoxsOV2030n4tpycZ8zCoHZDzGkp2ljZDjOy_JqNh0Xy6oMABpKbjvSryGesHmT9kbMbYA6_FoNcI5vSARqNjgb/s1600/Alat+alat+kristik+16.jpg


Alat utama yang dibutuhkan adalah pola, benang, kain dan jarum. Dan ada juga alat tambahan yang dapat mempermudah dalam pembuatan kristik, yaitu:

5. Pembidangan
Pembidangan sudah umum digunakan dalam jahit menjahit dan sulam menyulam. Alat ini berfungsi untuk membentangkan kain sehingga lebih mudah dalam menjahit. Bentuknya ada yang bundar seperti contoh, ada yang kotak, dan adapula yang berkaki seperti meja.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6z2q6ock_110lsJQG6_dYgaVFwtzXQX0fTvS5rI6EpC2qNTflr3ciOKHnvpPZe5T32uB8eMVHyXOP880YqzLZha4IVN9EsWVYnR48zM5QhaXBhL9b8_Qsxt1U5Swm3Vj1zHPCo0RseaAZ/s1600/Alat+alat+kristik+17.jpg               Description: Hasil gambar untuk kristik wisuda




Semoga bermanfaat.
Terimakasih :)

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-7675693489697463"
     crossorigin="anonymous"></script>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar