Senin, 07 November 2016

Wirausaha Muda Mandiri



KELOMPOK 3:        - Fuji Ayu Hidayatul M                    14130030
-  Halimatus Sa’diyah                         14130060
Tugas                  :      Review Buku

Judul Buku                 :Wirausaha Muda Mandiri “Kisah Inspiratif Anak-anak Muda Menemukan Masa Depan Dari Hal-hal Yang Diabaikan Banyak Orang”.
Pengarang                   : Rhenald Kasali
Penerbit                       : Gramedia Pustaka Utama
Tempat, Bulan & Tahun Terbit: Jakarta, November 2011
ISBN                           : 978-979-22-7640-24
Tebal                           : 344 Halaman
Kategori                      : Kisah Nyata
Biografi Penulis          :
Prof. Rhenald Kasali Ph.D merupakan seorang putra yang lahir di Jakarta pada tanggal 13 Agustus 1960. Beliau merupakan seorang akademisi dan praktisi bisnis asal Indonesia. Beliau juga termasuk sebagai salah satu ahli bedah bisnis yang piawai terutama dalam bidang iklan dan pemasaran. Beliau juga merupakan dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan Ketua Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 
Pada tanggal 4 juli 2009, beliau dikukuhkan sebagai guru besar Ilmu Manajemen di Universtas Indonesia. Selain mengajar di Universtas Indonesia, beliau juga menjadi dosen terbang untuk Program Magister Manajemen Universitas Sam Ratulangi, Universitas Tanjung Pura, Universitas Udayana, dan Universitas Lampung.
Pria yang memiliki gelar Ph. D. dari University of Illinois at Urbana, Champaign, Amerika Serikat ini juga gemar menulis dan dari tulisannya beliau telah menularkan sejumlah buku yang best seller banyak dicari oleh para pembisinis dan mahasiswa.
Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini telah menulis 19 buku tentang bisnis, manajemen, dan pemasaran. Bebeapa bukunya yang menjadi bestseller telah dan dikenal secara  luas adalah Change!, Mutasi DNA Powerhouse, Myelin, dan Cracking Zone.
Tema besar yang mengenai perubahan yang selalu diusung Prof. Rhenald Kasali, Ph.D tidak terhenti sebatas buku semata. Pada  2007 Prof. Rhenald Kasali, Ph.D mendirikan Yayasan Rumah Perubahan sebagai wadah kewirausahaan sosial untuk turut memecahkan persoalan kehidupan masyarakat sehari-hari. Berbeda dengan dunia akademis yang serba teoritis dan paper based, dengan Rumah Perubahan Prof. Rhenald Kasali, Ph.D melakukan perubahan nyata yang konkrit dan praktis sehingga mudah dijalankan dan direplikasi.
Prof Rhenald Kasali Ph.D, dari namanya saja sudah dapat diterka apa tema buku karyanya. Karya dari guru besar ilmu manajement Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini, banyak digandrungi oleh masyarakat. Baik dari kalangan muda hingga kalangan tua. Semangatnya untuk mennghidupkan kembali gerakan kewirausahaan sejak reformasi bergulir di Indonesia, kini berbuah manis. Melalui buku karyanya, ia dapat menularkan semangat berwirausaha pada pembacanya.
Isi Buku                      :
Buku ini merupakan kumpulan kisah inspiratif dari 24 orang pemenang dan Finalis Wirausaha Muda Mandiri yang berjuang mendobrak belenggu mitos bisnis yang mengakar kuat di tanah air; untuk mendukung generasi muda menjadi wirausahawan, bukan sekedar karyawan yang identik dengan kemapanan. Diantaranya: (1) Muhammad Satrianugraha pemilik Stranough International, (2) Gigin Mardiansyah pemilik CV d’create, (3) Bandi Simarmata Pemilik Hot Variasi, (4) Nyimas Hurmah Ryzka Pemilik Rumah Tenun, (5) Donny Kris Pemilik Simply & Smart Interactive, (6) Dimas Tunggul Panuju Pemilik Ayam Bakar Ngimbang, (7) Hamka Alwi Pemilik Bornis Studio, (8) Salva Yurivan Saragih Pemilik Gemilang, (9) Rudik Setiawan Pemilik Tahu Pelangi, (10) Teguh Basuki Pemilik Voila, (11) Royas Amri Bestian Pemilik SignDesign Communications, (12) Yudi Ardian Pemilik Warung Seafood Mutiara Jaya, (13) Tri Wahyudi Pemilik Khatulistiwa Tour & Travel, (14) Jafri S. Hut Pemilik Minuman Sehat Aloesella, (15) Alvia Alhadi Pemilik Budidaya Keladi Tikus, (16) Ni Ketut Susilawati Pemilik Sondri Banten, (17) Ikrar Mallaranggeng Pemilik Rumah Kecapi Makassar, (18) Roestiandi Tsamanov Pemilik DSI Laser, (19) Sofian Pemilik S-Works Computer, (20) Tengku Fahlia Kurnia Pemilik Tifahny Shop, (21) Ansyar Hafid Pemilik Dotugo, (22) Atthur Sahadewa Pemilik PT Inatradecenter, (23) Alween Ong Pemilik Clinic Handphone, (24) Theodosius  Surya Adhitama Pemilik CV Newtronic Solution. Itulah para pemuda inspiratif dalam membangun wirausaha mandiri.
Banyak orang tersesat di ruang "kerja" yang salah dan bertahun-tahun membiarkan dirinya terkunci di sana. Sementara anak-anak muda yang dibahas dalam buku ini menemukan masa depan dengan cara yang berbeda. Mereka sadar, kerja keras diperlukan, tetapi masa depan tidak ditentukan oleh ijazah. Ijazah atau sekolah hanyalah potensi belaka. Sedangkan masa depan harus didatangi.
Masa depan bak sebuah pintu yang harus dicari dan diketuk berkali-kali sampai "seseorang" membukakannya. Itu pun belum jaminan bahwa itulah pintu yang dicari. Mereka bersusah payah menemukan pintu itu, dan sekarang mereka telah mendapatkannya.
Dalam kisah 24 orang wirausaha muda dalam membangun, mempertahankan, dan mengembangkan bisnis yang telah mereka temukan sejak masih kuliah. Anak-anak muda, agen perubahan dalam lingkungannya ini, tidak memulainya dari modal besar, melainkan dengan merangkai keping demi keping semangat, pengetahuan, dan keberanian. Mereka sempat stagnan, jatuh, bahkan gagal. Tetapi yang membuat mereka berhasil adalah keberanian untuk bangkit.
Setiap usaha tentu mengandung risiko. Wirausahawan muda tidak mundur setelah mengetahui risiko, tetapi mencari cara untuk meminimalkan risiko dan keluar dari kesulitan. Pada setiap rupiah kerugian, menetes air mata pembelajaran sehingga lebih berhati-hati di kemudian hari.
Buku ini yang akan membuka pemikiran pembaca tentang dunia wirausaha dan-tidak menutup kemungkinan-akan menggugah minat pembaca menjadi seorang entrepreneur yang naik kelas dan modern.
Kelebihan buku ini, yaitu menggunakan gaya bahasa sederhana yang mudah dimengerti pembacanya, berbobot karena ditulis oleh Rhenald Khasali, seorang akademisi sekaligus pakar kewirausahaan. Dari setiap entrepreneur muda yang ditampilkan, penulis menuliskan profil, wawancara, tips kesuksesan entrepreneur tersebut dan kata-kata yang bisa menggugah hati pembaca untuk tetap bersemangat dalam berjuang. Dalam profil dan wawancara dengan pelaku usaha tersebut kita disuguhkan mengenai sejarah awal pendirian usaha, hambatan, suka-duka, hingga keberhasilan yang telah diraih hingga saat ini.
 Buku ini bermanfaat bagi pemuda (pelajar atau mahasiswa) yang ingin mencari inspirasi atau dijadikan pedoman dalam berwirausaha. Tetapi buku ini tampaknya tidak hanya dimaksudkan sekedar wacana saja melainkan diharap mampu menggerakkan pembacanya untuk memulai usaha. Kelemahan buku ini yaitu tidak disertakan biografi penulis secara detail. Hanya  dituliskan sedikit, itu pun di sampul buku.
Satu hal yang paling saya ingat dari buku ini adalah quote dari Pak Rhenald, "Wirausaha itu seperti halnya bertani. Butuh waktu dan tidak bisa langsung dipanen hasilnya seketika setelah ditanam". Proses yang harus selalu dihargai, dalam artian proses yang mulia tanpa adanya kecurangan seperti yang saya kutip dalam buku ini “Tidak ada jalan pintas, jadi mulailah dengan kesungguhan, hargailah proses dan jadilah Raja Mulia”.  Dari sekian banyak topik yang dibahas dalam buku ini sangat menarik semua Be The Best For All.

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-7675693489697463"
     crossorigin="anonymous"></script>



Tidak ada komentar:

Posting Komentar